Rabu, 22 Februari 2012

Lebaranan di Bangka yuuukkk.... - Tamat

Jam tujuh pagi kami berangkat dari Jebus menuju Pangkal Pinang. Sebenarnya kami salah memperhitungkan urutan perjalanan kami, sehingga banyak juga waktu kami yang terbuang di jalan. Weni tidak bergabung lagi dengan kami karena dia ikut ayahnya pulang ke Palembang. Berenam kami semangat berangkat ke Pangkal Pinang. Pukul sebelas siang kami sudah memasuki Pangkal Pinang. Kota ini lebih besar daripada Sungai Liat, tapi terdapat banyak jalan satu arah sehingga kami sering berputar-putar mencari jalan.

Petunjuk arahnya juga kurang jelas, tidak seperti di Sungai Liat. Hotel banyak terpusat di dekat bandara. Selain itu, tidak terdapat banyak tempat wisata di daerah ini. Tapi untuk kuliner, banyak terdapat pilihan. Setelah makan siang di sebuah warung sambil menelepon beberapa hotel dan bertanya jenis wisata pantai di Pangkal Pinang kami berangkat ke pantai Pasir Padi yang disarankan oleh pemilik warung.

Akses ke pantai ini tidak sebagus akses-akses ke pantai di Sungai Liat, bahkan akupun sempat ragu apakah arah yang kutuju sudah benar karena jaraknya yang sangat jauh dari jalan utama. Setelah kurang lebih 20 menit masuk dari jalan utama, tibalah aku di sebuah pos, kami harus membayar Rp.1.000,- untuk dapat memasuki wilayah pantai tersebut. Kurang lebih 2 km dari pos itu terdapat pantai dengan persimpangan. Kalau ke kiri menuju Seratta Inn, kalau ke kanan menuju rumah makan-rumah makan yang banyak terdapat di pinggir pantai. Di sebelah kanan juga ada sebuah tempat outbounds yang ramai pengunjung.

Aku membelok ke kiri untuk mengecek harga kamar di Seratta Inn. Tempatnya asri dan cukup nyaman. Menurut tante Vivi yang pernah menginap di sini, makanannya juga enak. Terdapat beberapa tipe kamar, dengan harga mulai dari Rp.300.000,- untuk kamar standar. Tapi kami tidak jadi menginap di sini karena kami anggap jauh dari kota. Kami segera ke pantai. Di pinggir pantai, selain restoran-restoran terdapat juga warung-warung kaki lima yang berjualan es dogan, bakso dan lain-lain.

Kami memesan es dogan untuk menghilangkan lelah. Pantai cukup banyak dikunjungi orang, mungkin karena suasana libur lebaran hari kedua. Satu es dogan harganya Rp.13.000,-  tanpa tambahan apapun.

Pantai Pasir Padi boleh dibilang mirip dengan pantai Matras karena masih terdapat anak kepiting dan pasirnya juga sangat halus. Lautnya sangat jauh dari jalan, ombaknya hampir tidak kelihatan, sangat tenang. Ada sebuah hamparan kerikil merah dan pohon-pohon agak ketengah. Karena air sedang surut, maka kita dapat berjalan kaki menuju pohon-pohon tersebut.

Sayang terdapat banyak sampah di tepi pantai padahal tidak terlihat ada petugas kebersihan di sana. Selain itu juga banyak yang mengendarai mobil dan motor di pantai ini, jadi agak was-was melepas anak-anak untuk bermain sendiri.

Di pantai ini juga ada restoran berbentuk kapal, karena sudah lapar juga, akhirnya kami memutuskan untuk makan di restoran tersebut.

Selesai makan kami kembali ke kota untuk mencari penginapan. Oh ya, di Pangkal Pinang banyak terdapat burung, walet atau bukan aku kurang tahu, jadi hati-hati saat berjalan di bawah kabel listrik, takutnya kejatuhan rejeki dari atas. Karena kakiku mengalami hal itu J. Setelah tanya sana sini akhirnya kami menemukan sebuah penginapan bernama Kacang Pedang Permai. Satu kamar AC dengan kamar mandi dalam dan sarapan untuk 2 orang yang diisi oleh kami berempat seharga Rp.195.000,- untuk laki-lakinya dengan kamar yang sama tapi lebih kecil dihargai Rp.155.000,-

Karena tidak banyak tempat wisata maka kami memutuskan besok akan pulang ke Palembang. Tapi sebelumnya kami ingin membeli oleh-oleh dulu. Ternyata “My Snack” tempat kami ingin membeli oleh-oleh baru buka pukul sembilan pagi, tapi karena kami mau pulang hari ini maka pemiliknya berbaik hati dengan membuka tokonya setengah jam lebih awal. Masih ada waktu satu setengah jam lagi, kami memutuskan untuk pergi ke sebuah kelenteng yang diberitahukan oleh pemilik penginapan.

Kelenteng tersebut terletak di Tanjung Bungah, kurang lebih setengah km dari jalan masuk ke pantai Pasir Padi. Jalan menuju kelenteng tersebut sudah bagus, hanya kira-kira 200 meter dari kelenteng jalannya berubah menjadi jalan berbatu dengan tanah merah. Tapi pemandangan di kelenteng itu sendiri sangat memukau. Nama kelenteng itu adalah Kelenteng Dewi Laut. Kelenteng itu menghadap ke arah laut.

Saat kami tiba, kelenteng sepi dan hanya ada seorang bapak pengurus kelenteng. Karena  waktu yang tersisa hanya sebentar kami hanya bisa sedikit berfoto. Tapi kami senang telah datang ke kelenteng ini. Sungguh indah.

Akhirnya saat untuk pulang pun tiba, rasanya belum ingin mengakhiri liburan ini tapi sudah tidak tahu mau kemana lagi. Ingin ke Belitung tapi harus menyeberang lagi dengan kapal feri yang memakan waktu seharian dengan biaya lumayan mahal, Rp.375.000,- per orang. Jadi kami pulang saja. Sebelumnya kami membeli nasi bungkus untuk bekal di perjalanan.

Perjalanan pulang kali ini agak ramai karena hari sudah siang, kami berhenti di rumah makan tempat kami sarapan pada hari pertama kedatangan kami yang sedang tutup untuk menikmati makan siang kami. Pukul dua siang kami tiba di pelabuhan Tanjung Kalian – Mentok. Kami beruntung karena kapal feri itu adalah kapal terakhir dan masih bisa memuat 3 motor lagi. Setelah membayar tiket masuk pelabuhan sebesar Rp.1.000,- per motor maka kami membeli tiket feri yang juga dijual di pintu masuk pelabuhan tersebut. Harga tiketnya lebih mahal Rp.4.000,- dari tiket berangkat kami. Jadi untuk pulang ini tiketku dan Shierly seharga Rp.160.000,-

Sayangnya karena terlambat maka kami tidak dapat tempat duduk lagi. Tipe kapalnya juga bukan seperti kapal kami kemarin. Kapal ini terdiri dari 3 dek yaitu dek bawah untuk mobil dan motor, dek tengah untuk tempat duduk yang berjajar dari kayu serta dek atas tempat nahkoda kapal. Semua tempat duduk di dek tengah sudah diisi orang, bahkan ada yang menggelar tikar di tengah-tengah lorong. Karena sudah kecapaian akhirnya kami pun cuek tidur di lantai yang jarang dilewati orang.

Kapal feri berangkat pukul empat sore dengan lama perjalanan tujuh jam tiga puluh menit. Biaya makan di atas kapal sangat mahal. Satu cup mi Rp.10.000,- Air mineral 1.500 ml seharga Rp.10.000,- per botol, bahkan untuk air panas saja Rp.3.000,- Pukul 11.30 malam kami tiba di pelabuhan Tanggo Buntung. Keluar kapal kami segera pulang ke rumah kami masing-masing. Capek tapi senang karena liburan ini benar-benar menyenangkan. Semoga ada kesempatan lagi kami dapat mengunjungi tempat-tempat lain di Bangka yang belum kami datangi.